Kamera Infrared Sebagai Alat Pendeteksi Kerusakan pada Mesin Industri

Kamera Infrared Sebagai Alat Pendeteksi Kerusakan pada Mesin Industri
Mesin atau peralatan dalam sebuah industri merupakan satu bagian paling penting dalam proses produksi. Berjalannya proses produksi pastinya bergantung pada kondisi peralatan tersebut. Dengan intensitas pemakaian setiap hari, semakin lama kinerjanya pun dapat menurun. Maka dari itu untuk mendapatkan mesin selalu dalam kondisi prima diperlukan pemeliharaan mesin.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam pemeliharaan tersebut diperlukan manajemen untuk mengatur kapan saja mesin tersebut membutuhkan perawatan. Sehingga proses produksi dalam industri tetap akan berjalan lancar. Perawatan mesin ini juga sangat bermanfaat untuk memonitring kondisi mesin dari waktu ke waktu.

Untuk membantu mengetahui kondisi mesin dapat digunakan suatu alat yang dinamakan kamera infrared atau Infrared Thermography. Alat ini berfungsi untuk melakukan investigasi terhadap sebuah mesin atau peralatan. Jika terdapat kerusakan di dalamnya, alat ini akan mendeteksi dengan cara melakukan pengambilan data, kemudian pembuatan laporan investigasi. Laporan ini berupa foto aktual dari mesin yang diinvestigasi bersama foto infrarednya.

Manfaat yang diambil pastinya sangat besar yaitu jika terjadi kerusakan pada mesin dapat ditangani dengan cepat dan tepat. Infrared Thermography ini diusung oleh perusahaan industrial maintenance terkemuka di Indonesia, yaitu Libratama. Perusahaan yang berlokasi di Semarang ini menyediakan berbagai produk untuk pemeliharaan mesin serta peralatan dengan segmen industri.

Selain kamera infrared berbagai produk yang didatangkan Libratama antara lain battery diagnosis, ceramic coating, tank linings, kompresor, chicago pneumatic, dan produk kelistrikan dengan spesifikasi yang memenuhi standar IEC, yaitu International Standar and Conformity). Produk kelistrikan tersebut pastinya dijamin aman, untuk menghindari terjadinya korseting listrik. Pemerintah pun mendukung penggunaan peralatan listrik berstandar dengan melakukan inspeksi listrik di berbagai instalasi listrik milik rakyat.